kosong Grammar Tenses
Part I PartII Part III part IV part V
sekolah dasar smp/mts sma/ma/smk perguruan tinggi
sekadau sintang belitang SP 2 padak my home
Kamis, 21 Oktober 2010 | 09.12 | 0 Comments

PCNU Sintang Terbelah Dua

SINTANG. Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalbar mengeluarkan dua Surat Keputusan (SK) kepada PCNU Sintang untuk menggelar Konferensi Cabang (Konfercab). Akibatnya terjadi dua kubu yang saling menggelar suksesi di tingkat pimpinan cabang.

“Besok (hari ini, red), PCNU Sintang akan menggelar Konferensi Cabang, di Aula STAIMA Sintang,” ungkap Ketua Panitia Kenferensi Cabang PCNU Sintang, Anwar Ahmad SAg kepada Equator, Kamis (20/10) kemarin.

Konferensi Cabang berdasarkan SK Nomor 304/SR-PWNU/KB/B.1/09/2010, tertanggal 22 September 2010, perihal instruksi melaksanakan konfercab. Dalam surat itu dijelaskan, konfercab digelar sehubungan dengan telah berakhirnya masa jabatan Ketua PCNU Sintang, atas nama Mohammad Gozali tertanggal 18 September 2010.

“Selain itu, juga dikarenakan menjelang Konferensi Wilayah ke XVI, serta dalam rangka melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU,” ujar Anwar.

Atas dasar itulah, lanjut Anwar, PCNU Sintang diminta untuk segera menggelar konfercab paling lambat akhir Oktober 2010 dengan catatan, apabila dalam kurun waktu yang dimaksud PCNU tidak melaksanakan konferensi cabang maka PWNU akan menetapkan kepengurusan caretaker.

“Dasar kita jelas. SK ditandatangani Ketua Tanfidziyah Drs M Zeet Hamdy Assovie MTM dan Sekretaris Tanfidziyah, Sy Yusuf Alqadrie selaku PWNU Kalbar,” terang Anwar.

Anwar mengatakan, legalitas PCNU Sintang yang diketuai Mohammad Gozali sangat jelas yakni berdasarkan SK PBNU dengan nomor 080/A.II.04.d/10/2005.

Kendati masa jabatan beliau berakhir 18 September 2010, namun PWNU telah memberikan perpanjangan waktu hingga akhir Oktober 2010 ini. “Kita juga bingung kalau ada konfercab di luar STAIMA. Dasar mereka itu apa,” ucapnya.

Persiapan konfercab sudah cukup matang. Undangan dan izin pengamanan dari pihak Kepolisian sudah dilayangkan. “Kita tinggal menunggu waktu pelaksanaan. Sangat jelas konferensi cabang ini legal dan resmi. Berdasarkan ketentuan dan prosedur yakni mengacu pada AD/ART NU,” yakin Anwar, sembari menegaskan.

Di hari yang sama, pada pukul 07.30, konfercab juga bakal digelar di Hotel Sartika Puri. Alasan pelaksanaan karena adanya surat penunjukan dari PWNU Kalbar. “Saya ditunjuk langsung oleh Pak Alwi Wahab untuk menjadi ketua panitia dalam Konferensi Cabang PCNU Sintang,” ungkap Syaiful Noor, selaku Ketua Panitia konfercab PCNU Sintang, yang berlangsung di Sartika Puri.

Dijelaskan Syaiful, Alwi Wahab menunjuk dirinya sebagai Ketua Panitia berdasarkan surat penunjukan dari PWNU Kalbar dengan Nomor Surat 297/SP-PWNU/KB/A-I/08/2010, tertanggal 24 Agustus 2010. “Atas dasar itulah saya bersedia menjadi Ketua Panitia. Jadi kalau mengenai ada dua Konferensi Cabang, ditempat berbeda, saya juga kurang tahu,” terang Syaiful.

Dalam surat itu bertuliskan PWNU Kalbar menunjuk Alwi Wahab untuk melaksanakan tugas membentuk Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWCNU), menyusun kepengurusan MWCNU di setiap kecamatan se Kabupaten Sintang guna persiapan konferensi cabang. Selain itu diminta melaporkan hasil pembentukan dan penyusunan kepengurusan MWCNU di setiap kecamatan se-Kabupaten Sintang secara tertulis kepada PWNU Kalbar dan melaksanakan Konferensi Cabang NU Sintang. “Jadi ada empat poin tugas caretaker,” tegasnya. (din)



sumber :www.equator-news.com/index
Read more
Rabu, 20 Oktober 2010 | 06.28 | 0 Comments

KASUS PEMERKOSAAN



Kasus perkosaan kembali marak terjadi. Kali ini korbannya adalah seorang mahasiswi yang diperkosa oleh dua orang seniornya beserta pria misterius. Bunga (19), bukan nama sebenarnya, mahasiswi STKIP Sintang, Kalimantan Barat, melaporkan dirinya diperkosa tiga pria. Dua di antaranya merupakan seniornya, tetapi lain jurusan.Seusai diperkosa di rumah tersangka AI, di kawasan Jalan Tangguk Yunus, Baning, Kota Sintang, Bunga kerap menerima ancaman dari tiga pemerkosanya.
Bunga dan keluarganya telah melaporkan kasus itu kepada polisi, Kamis (15/7/2010), dan hingga kini kasus tersebut masih ditelusuri. Kepada Harian Tribun Pontianak, Bunga menceritakan kasus yang berawal di kostnya, di Jalan Pertamina Gang STKIP Sintang. “Saya kenal AI beberapa bulan lalu. Dia senior saya, tetapi lain jurusan,” kata Bunga.
Sejak beberapa minggu terakhir, AI sering berkunjung ke kost Bunga. Hingga pada Senin (12/7/2010) sekitar pukul 20.30 WIB, AI mendatangi Bunga dan mengajaknya keluar keliling Kota Sintang.
“Di tempat kost ini tidak diizinkan keluar hingga pukul 22.00, maka saya menolak ajakannya. Namun, AI terus mendesak hingga akhirnya saya mengikuti ajakannya. Saya tidak tega melihatnya terus mengajak saya,” ujar Bunga.
Tak lama berkeliling, AI mengajak Bunga pulang, tetapi bukan kembali ke kost, justru AI membawa ke Jalan Tunguk Baning, sekitar lima kilometer dari kostnya. Tiba di sebuah rumah, di sana telah menunggu WR, si pemilik rumah, dan seorang pemuda yang tak dikenal Bunga, sebut saja X.
Meskipun sempat melawan, malam itu juga Bunga dipaksa melayani ketiganya. “Pada malam itu saya sempat enam kali diperlakukan tak senonoh,” katanya.
Menurutnya, AI duduk di semester empat dan WR semester delapan. Bunga diantar pulang ke kost pagi hari sekitar pukul 06.00. “Pada saat disetubuhi, saya terus melawan, bahkan sempat menggigit punggung AI, tetapi tenaga saya kalah kuat, tangan saya dipegang ketiganya,” papar Bunga. (Slamet Bowo S)
Pada saat disetubuhi, saya terus melawan, bahkan sempat menggigit punggung AI, tetapi tenaga saya kalah kuat, tangan saya dipegang ketiganya
Read more
Senin, 18 Oktober 2010 | 22.13 | 0 Comments

Teknik Membuat Catatan

MENGAPA MEMBUAT CATATAN PENTING
Pada saat Anda sedang mengikuti perkuliahan dan dosen menyajikan materi, yang sering terjadi Anda sekedar duduk dan mendengarkan, bahkan jika instruktur atau materinya menarik dan mengasyikkan. Pada saat suatu bahan dipresentasikan, sangat mungkin Anda akan selalu bisa mengingatnya. Sayang, daya ingat cepat memudar, dan suatu perkuliahan yang amat gamblang hari ini akan menjadi samar-samar beberapa minggu kemudian. Karena pada umumnya instruktur berharap Anda mengingat dan dapat menerapkan fakta-fakta dan ide-ide yang disajikan dalam setiap perkuliahan sepanjang semester itu, kita perlu membuat catatan-catatan pada saat kuliah berlangsung. Seperangkat catatan perkuliahan yang baik merupakan bahan belajar yang amat berharga dan akan memudahkan Anda memperoleh peringkat yang baik dalam suatu perkuliahan.
PERSIAPAN UNTUK SEBUAH PERKULIAHAN
Sebelum Anda bermaksud mengikuti suatu perkuliahan
penting untuk menjadi lebih mengenal topik-topik perkuliahan dan menjadi perduli terhadap beberapa subtopik penting serta ruang lingkup perkuliahan itu.

Anda akan lebih gampang memahami suatu perkuliahan serta akan lebih mudah membuat catatan jika sebelumnya telah mengenal ide atau tentang apa suatu perkuliahan itu. Jika instruktur menugaskan suatu bab buku teks yang terkait dengan perkuliahan, cobalah baca tugas itu sebelum mengikuti perkuliahan. Jika Anda tidak bisa membaca keseluruhan bab itu sebelum perkuliahan, paling tidak prabaca bab itu agar secara umum bisa lebih mengenal topik-topik di dalamnya. Jika tidak ada bacaan yang ditugaskan, cek daftar isi buku untuk menentukan adakah topik-topik tertentu yang relevan dengan materi perkuliahan. Lalu, prabaca bagian-bagian tertentu buku itu yang berkenaan dengan perkuliahan.
BAGAIMANA CARA MEMBUAT CATATAN KULIAH
Sebuah catatan kuliah yang baik harus memiliki tiga hal. Pertama, dan yang sangat penting, catatan kuliah mesti seumpama sebuah rekaman atau ringkasan poin-poin utama suatu perkuliahan. Kedua, catatan mesti memiliki detail dan contoh yang cukup sehingga Anda dapat mengingat kembali suatu informasi secara lengkap beberapa minggu kemudian. Akhirnya, catatan mesti, dalam beberapa hal, memperlihatkan secara relatif ide-ide penting yang disajikan dan mencerminkan organisasi perkuliahan.
Merekam Ide-ide Utama
Pikiran utama suatu perkuliahan bisa berupa poin-poin yang ditekankan serta diuraikan secara panjang lebar oleh instruktur. Pikiran utama juga merupakan ide pokok yang didukung detail, penjelasan, contoh-contoh, serta pembahasan umum. Sering kali, instruktur memberi banyak tanda atas apa-apa yang dianggap penting dalam suatu perkuliahan. Pembicaraan berikut sebagian kecil cara para pembicara memperlihatkan bahwa sesuatu itu penting.
Mengubah Suara: Beberapa dosen mengubah nada dan atau pola titinada suara mereka ketika mereka mencoba menekankan poin-poin utama. Suara pembicara bisa keras atau pelan dan lembut atau tinggi atau rendah ketika dia menyajikan ide-ide yang penting.
Mengubah Tempo Bicara: Pembicara bisa menurunkan tempo pembicaraannya manakala membicarakan konsep-konsep penting. Bahkan adakalanya seorang pembicara sangat memperlambat tempo pembicaraannya ketika mendiktekan suatu informasi: jika seorang pembicara menjelaskan sebuah definisi biasa berhenti sejenak antara masing-masing kata atau frasa, hal itu dilakukan guna memberi tahu bahwa definisi itu penting dan perlu Anda catat.
Mengurutkan atau Menomori Point-point: Seorang dosen bisa langsung mengungkapkan bahwa "ada tiga kasus penting" atau "empat akibat yang signifikan" atau "lima kemungkinan situasi" pada saat dia memulai pembicaraan mengenai suatu topik. Pernyataan-pernyataan itu merupakan tanda-tanda utama suatu materi. Sering, seorang pembicara lebih jauh mengidentifikasi atau menekankan bagian-bagian tertentu, fakta-fakta dan ide-ide khusus dengan menggunakan "tiga kasus" atau "empat akibat" dengan menggunakan kata-kata misalnya pertama, kedua, dan akhirnya, atau sebab pertama, sebab kedua, sebab lainnya dan akibat terakhir.
Menuliskan di Papan Tulis: Beberapa dosen akan menuliskan kata-kata kunci atau bahkan out-line atau ide-ide utama pada papan tulis saat mereka berbicara. Meskipun tidak semua ide penting dituliskan di papan tulis, Anda perlu yakin bahwa jika seorang instruktur menyisihkan waktunya untuk menuliskan kata atau frasa XE "frasa" di papan tulis, pastilah hal itu karena dianggap penting.
Menggunakan Audiovisual: Beberapa instruktur menekankan ide-ide penting, menjelaskan saling kebergantungan, atau diagram suatu proses atau prosedur dengan menggunakan perangkat audio-visual. Misalnya penggunaan OHV atau LCD yang bahannnya telah terlebih dahulu disiapkan. Juga seorang instruktur bisa menggunakan gambar hidup, film, video tape, atau foto untuk menekankan atau mendeskripsikan ide-ide dan konsep-konsep penting.
Mengumumkan Secara Langsung: Adakalanya, seorang instruktur akan langsung mengumumkan bahwa ide atau konsep tertentu itu penting. Ia atau dia mungkin memulai dengan mengatakan, "Hal yang penting Anda ingat adalah..." atau "Satu fakta penting yang harus Anda camkan dalam otak adalah..." Instruktur mungkin juga memberikan isyarat bahwa informasi tertentu akan ditanyakan saat ujian. Pastikan memberi tanda pada isyarat itu dalam catatan. Tandailah dengan tanda asterik (*) atau tulis "kemungkinan diujikan" pada margin.
Menggunakan Tanda Nonverbal: Beberapa pembicara biasa menggunakan sejumlah tanda nonverbal sebagaimana menggunakan tanda verbal untuk menjelaskan hal-hal yang dianggap penting.Sering dosen mengembangkan tanda-tanda bahwa sesuatu itu penting dengan cara melakukan gerakan atau kegiatan ketika mengatakan kata tertentu. Beberapa pembicara akan berjakan ke hadapan audien ketika mejelaskan poin utama. Lainnya mungkin menggunakan gerakan tangan, memegang meja, atau melangkah mundur dan seterusnya ketika menjelaskan ide-ide kunci. Meskipun setiap pembicara memiliki gaya yang berbeda, umumnya pembicara menggunakan beberapa tipe tanda nonverbal.
Merekam Detail dan Contoh
Satu hal yang sulit dalam membuat catatan adalah memutuskan berapa banyak detail yang perlu disertakan pada setiap ide utama. Tak pelak lagi, Anda tidak dapat mencatat segalanya karena dosen biasanya berbicara rata-rata 125 kata per menit. Bahkan jika Anda dapat membuat singkatan, hampir mustahil Anda bisa merekam semua yang dikatakan sang dosen. Karena itu, Anda perlu selektif dan hanya merekam detail khusus yang dianggap penting. Secara sederhana, patokannya rekam ringkasan sebuah frasa dan masing-masing sertai dengan detail secukupnya. Coba catat sebuah frasa serta detailnya yang langsung menjelaskan atau memberi klarifikasi terhadap pikiran utama.

Jika instruktur memberikan beberapa contoh atas sebuah kaidah, situasi, atau problem, sertakan sekurang-kurangnya satu contoh untuk masing-masing. Rekam lebih dari satu jika Anda sempat. Sebab, meskipun pada saat kuliah berlangsung Anda merasa bisa memahami apa-apa yang didiskusikan, beberapa minggu kemudian Anda akan memerlukan contoh-contoh itu untuk membantu Anda mengingat kembali materi perkuliahan.
Merekam Organisasi Perkuliahan
Pada saat Anda mencatat ide-ide utama dan detail penting dari satu perkuliahan, cobalah organisasi atau susun catatan Anda hingga dengannya Anda mudah melihat bagaimana organisasi suatu perkuliahan. Dengan merekam organisasi perkuliahan, Anda akan bisa menentukan secara relatif ide-ide penting, dan Anda akan bisa memperkirakan mana yang perlu Anda beri perhatian lebih saat belajar atau mereview untuk suatu ujian.

Cara yang sederhana untuk melihat organisasi perkuliahan: gunakan indentasi. Pertahankan margin secara teratur dalam kertas catatan Anda. Mulai catatan Anda dengan menuliskan topik yang amat penting pada margin kiri kertas. Untuk ide yang kurang penting, indenkan sedikit ke kanan catatan Anda. Untuk detail utama, inden pula lebih ke kanan. Indenkan seterusnya untuk contoh-contoh dan detail lainnya.Secara sederhana kaidahnya: ide yang tidak terlalu penting, dan seterusnya indenkan. Catatan Anda boleh jadi akan tersusun sebagai berikut:
Topik utama
Ide Utama
detail
detail
contoh
Topik utama
Ide Utama
detail
detail
detail
Topik utama
Ide Utama
detail
contoh
Perhatikan contoh di atas sekilas tampak seperti sebuah out-line, tetapi tanpa menggunakan angka Romawi (I, II, dan III), huruf besar (A, B, dan C), atau angka Arab (1, 2, dan 3) yang biasa digunakan sebuah out-line. Juga tampak sistem pembuatan catatan itu sama persis dengan tujuan pembuat sebuah out-line --yang memisahkan antara informasi penting dengan yang kurang penting. Sistem indentasi seperti ini, sebagaimana sebuah out-line, tampak dengan sekilas kita bisa tahu bahwa suatu ide atau fakta itu penting. Jika sebuah organisasi perkuliahan jelas, Anda jug bisa saja menggunakan angka atau sistem huruf sebagai tambahannya.

Contoh catatan 15-1 dan 15-2 memperlihatkan bahwa sebuah catatan kuliah yang baik itu mesti merekam ide utama, detail penting, dan contoh, yang menggambarkan organisasi perkuliahan. Kedua contoh catatan itu diambil dari perkuliahan yang sama. Satu di antara kedua catatan itu dibuat dengan sangat cermat dan efektif; yang lainnya amat sederhana dan tidak fokus pada ide-ide kunci. Baca selengkapnya dan evaluasi masing-masing catatan itu.
(Contoh)
Tips untuk Membuat Catatan Lebih Mudah
Jika Anda hendak merekam ide-ide utama, detail, dan contoh, dengan menggunakan sistem indentasi untuk menggambarkan organisasi perkuliahan, perlu mencatatnya secara tepat.Ada sejumlah tip yang dapat Anda ikuti dalam membuat catatan agar lebih mudah, agar cacatan Anda lebih lengkap, dan agar belajar dan mereview Anda lebih mudah.
Buat Catatan Terpisah atau Satu Bagian untuk Masing-Masing: Anda perlu memiliki catatan untuk setiap mata kuliah bersama-sama dengan demikian Anda dapat lebih mudah mereviewnya.
Tanggal Catatan: Agar mudah merujuk kemudian, beri catatan Anda tanggal. Instruktur mungkin mengumumkan bahwa ujian akan meliputi bahan yang disajikan tanggal 5 Oktober. Jika catatan anda tanpa tanggal, Anda tidak akan tahu di mana seharusnya mulai belajar.
Sisakan Ruang Kosong: Untuk membuat catatan mudah dibaca dan lebih mudah dilihat orgnisasinya, sisakan tempat kosong secukupnya. Jika Anda mengetahui bahwa ada definisi atau detail yang terlewat, sisakan tambahan ruang kosong. Anda capat mengisinya kemudian dengan terlebih dahulu mengecek kepada teman atau melihat kembali catatan Anda.
Tugas: Adakalanya seorang insruktur akan mengumumkan sebuah tugas atau tanggal tes pada pertengahan perkuliahan. Sudah barang tentu hal itu akan Anda catat, tetapi untuk lebih meyakinkan beri tanda "Tugas" atau "Tanggal Tes" pada margin dan dengan demikian Anda akan mudah menemukannya dan mentransfernya pada buku catatan tugas-tugas.
Tandai Ide-ide yang Kurang Jelas: Jika seorang instruktur menyampaikan fakta atau ide yang kurang jelas atau yang Anda kurang paham, beri tanda tanya (?) pada margin. Kelak, tanyakan hal itu kepada instrukur atau kepada teman-teman Anda.
Duduklah di Bagian Depan Kelas: Terutama di ruang kuliah yang luas, lebih menguntungkan untuk duduk dekat bagian depan. Di bagian depan Anda akan bisa melihat dan mendengar instruktur --Anda dapat memelihara kontak mata dan mengamati raut wajah serta tanda-tanda nonverbal sang instruktur. Jika Anda duduk di bagian belakang, mungkin Anda akan menjadi bosan, dan mudah sekali terganggu oleh orang-orang yang berada di depan. Karena orang duduk antara Anda dan instruktur Anda, perasaan ada jarak akan tercipta. Anda akan merasa bahwa sang instruktur tidak berbicara dengan Anda.
Jangan Merencanakan Mengkopi Ulang Catatan: Beberapa mahasiswa mencatat tergesa-gesa, tidak perduli dan kemudian mengkopi ulang catatanya senja hari. Mereka merasa mengkopi ulang membantu mereka mengulang informasi dan berpikir bahwa cara seperti itu baik. Sesungguhnya, mengkopi ulang sering menjadi sebuah proses yang mekanis yang menyita banyak waktu, tetapi sedikit sekali menggunakan pikiran. Waktu yang dihabiskan untuk mengkopi ulang dapat lebih baik dimanfaatan untuk mereview catatan itu sebagai cara untuk mengantarkan Anda membaca bab kemudian.
Hindari Penggunaan Tape-Recorder dalam Perkuliahan: Sebagai usaha yang maksimum untuk mendapatkan catatan yang lengkap dan akurat, beberapa mahasiswa berusaha menempuh jalan dengan cara merekam setiap perkuliahan. Sehabis kuliah, mereka putar kembali rekaman itu dan mencatatnya, memutar dan menyetop tape seperlunya. Namun, teknik begitu membuang-buang waktu dengan amat sangat berlebihan dan sangat tidak efisien dibandingkan dengan jumlah hasil belajar yang bisa diperoleh. Dengan menggunakan sistem rekam, seorang mahasiswa harus menghabiskan sekurang-kurangnya tambahan waktu satu jam untuk memutar ulang untuk setiap jam dia mengikuti perkuliahan hanya sekedar agar catatannya lengkap.
Gunakan Singkatan: Untuk mengehemat waktu, coba gunakan singkatan ketika mencatat kata-kata yang panjang atau sering dipakai. Jika mengikuti mata kuliah psikologi, Anda tidak perlu menuliskan kata p-s-i-k-o-l-o-g-i setiap kali kata itu digunakan. Akan lebih cepat jika Anda menggunakan singkatan psi. Coba buat beberapa singkatan yang sesuai dengan keperluan studi Anda. Beberapa singkatan berikut dikembangkan oleh seorang mahasiswa dalam mata kuliah manajemen bisnis. Singkatan-singkatan berikut bisa menjadi ide serta kemungkinan Anda memilihnya.Perhatikan singkatan kata-kata umum serta kata-kata khusus
Kata Umum Singkatan Kata Khusus Singkatan
dengan alamat d.a. organisasi org.
yang terhormat yth. dengan dg
Manajemen man.
dan lain-lain dll. evaluasi ev.
tanggal tgl sistem informasi manajemen sim.
komunikasi Kom
perkembangan perk.
Ketika Anda mulai menggunakan singkatan, pastikan Anda menggunakannya secara bertahap. Penggunaan singkatan mudah sekali menjadi berlebihan dan berakhir dengan hasil sebuah catatan yang kurang bermakna.
LATIHAN 2
Petunjuk: Pilih satu catatan kuliah yang sering Anda ikuti. Baca ulang catatan itu dan cari kata-kata atau prase yang dapt Anda singkat. Tulis beberapa pada tempat yang tersedia.
Kata Singkatan

------------ ---------------
------------ ---------------
------------ ---------------
------------ ---------------
------------ ---------------
------------ ---------------
BAGAIMANA CARA MENGEDIT CATATAN
Setelah mencatat dalam suatu perkuliahan, jangan Anda kira itu sudah tepat dan lengkap. Sebagian mahasiswa terbukti tidak bisa mencatat informasi dengan benar dan mereka tidak bisa merekam sebanyak-banyaknya rincian atau contoh seperti yang diinginkannya. Bahkan mereka yang termasuk pencatat hebat juga mengalami problem serupa. Namun, sesungguhnya solusinya sangat sederhana. Jangan pernah merencanakan membuat catatan yang lengkap dan bersifat final selama mengikuti perkuliahan. Malahan, rekaman yang dihasilkan selama mengikuti perkuliahan cukup Anda jadikan sebagai alat bantu mengingat ide utama, detail, dan contoh. Sisakan ruang kosong; lalu jika memungkinkan, duduklah segera setelah mengikuti perkuliahan dan review catatan itu. Isi kolom itu dengan informasi-informasi yang terlewat. Kembangkan, atau lengkapi dengan detail atau contoh-contoh yang bisa lebih memperjelas. Proses itu disebut mengedit. Pada dasarnya proses itu merupakan proses membetulkan, merevisi, dan menambahkan pada catatan agar lebih komplit dan benar. Mengedit catatan untuk satu jam kuliah, cukup tidak lebih dari lima sampai sepuluh menit.

Jika Anda tidak bisa bersegera mengedit catatan setelah kuliah itu berlangsung, sebaiknya, meskipun agak berbahaya, mengeditlah pada sore harinya. Jarak waktu yang terlalu lama antara mencatat dan mengedit, akan menjadikan proses editing kurang efektif. Juga, waktu yang terlalu panjang, beberapa fakta dan contoh tidak akan bisa Anda ingat dan Anda isikan.

Contoh catatan kuliah 15-3 berikut sudah diedit. Catatan yang dibuat selama kuliah ditulis lebih gelap, perubahan dan tambahan yang dibuat selama editing ditulis lebih terang. Baca seluruh catatan itu, perhatikan informasi yang ditambahkan selama mengedit.
contoh
BAGAIMANA CARA MEMPELAJARI CATATAN
Membuat dan mengedit catatan kuliah dengan sebaik-baiknya hanya merupakan bagian dari bentuk yang harus Anda lakukan atau pelajari berkaitan dengan perkuliahan yang diberikan seorang dosen. Anda juga harus mempelajari dan mereview catatan-catatan itu agar bisa mengerjakan ujian dengan baik. Untuk mempelajari catatan kuliah coba terapkan prinsip yang sama yang digunakan dalam mempelajari bahan dalam buku teks. (1) Jangan mencoba-coba mempelajari catatan dengan membacanya dan membacanya lagi. Mengulang-ulang baca bukan merupakan teknik mereview yang efisien sebab itu memerlukan waktu yang relatif banyak untuk mempelajari sejumlah bahan. (2) Sebagaimana ketika membaca buku teks, identifikasi yang penting-penting. Anda mesti menyortir-buang apa yang akan dipelajari dan mempelajari semua informasi yang tersisa dalam catatan Anda. (3) Miliki cara untuk mengecek diri sendiri --suatu cara untuk menentukan apakah Anda mempelajari informasi yang benar-benar diperlukan. Dalam memperalajari buku teks, Anda menggunakan istilah "Recite" sebagai langkah dalam metode SQ3R untuk mengecek ingatan atas apa yang telah dibaca.Dan Anda dapat menggunakan kartu fakta atau kertas ringkasan untuk mengetes daya ingat. Untuk mempelajari catatan kuliah, ada sebuah sistem yang digunakan mirip dengan teknik belajar: biasa disebut Sistem Pengingat Tanda (Recall Clue System).
Sistem Pengingat Tanda
Sistem Pengingat Tanda (SPT) atau Recall Clue System (RCS) membuat kerja mereview dan mempelajari catatan kuliah lebih mudah dan lebih efektif. Anda akan melihat bahwa sistem itu mirip dengan teknik merangkum kata yang disajikan dalam bab 20. Untuk menggunakan SPT, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Sisakan kira 2" margin samping kiri pada setiap lembar catatan.
2. Margin itu biarkan kosong ketika Anda membuat catatan.
3. Setelah Anda mengedit catatan, isi margin samping kiri dengan kata-kata dan prase rangkuman catatan yang sangat singkat.
Tanda-tanda ingatan harus berupa kata yang mampu menjadi triger memori Anda dan membantu Anda mengingat informasi dengan lengkap yang terkandung dalam catatan. Tanda-tanda itu berfungsi sebagai kartu ingatan. Dia akan membantu Anda mengeluarkan, atau memanggil ulang, dari ingatan informasi-informasi yang diberi label dengan kartu itu. Ketika Anda mencoba mengingat informasi dalam ujian, ingatan atau tanda ingatan dalam catatan akan bekerja secara otomatis membantu Anda mengingat informai yang diperlukan. Gambar 15-4 memperlihatkan contoh catatan yang telah menggunakan SPT.

Variasi lain dari SPT yang juga efektif yakni dengan cara menuliskan pertanyaaan-pertanyaan tinimbang menggunakan kata yang ringkas dan prase pada margin. (Lihat Gambar 15-5). Pertanyaaan-pertanyaan itu, lalu, memicu ingatan dan memungkinkan Anda dapat mengingat informasi sebagai jawaban atas pertanyaan Anda. Penggunan pertanyaan dapat juga mengetes diri sendiri, dan dengan demikian menstimuli Anda pada situasi ujian.
Menggunakan SPT
Untuk mempelajari catatan dengan menggunakan SPT, tutup catatan Anda dengan sehelai kertas, tampakkan hanya tanda-tanda ingatan yang berada pada margin kiri. Kemudian baca tanda ingatan pertama dan coba untuk menngingat informasi yang ada dalam catatan di sebelahnya. Kemudian geser kertas ke bawah dan cek apakah Anda bisa mengingat seluruh informasi. Jika Anda hanya bisa mengingat sebagian, tutup kembali catatan itu dan cek lagi ingatan Anda. Teruskan cek hingga Anda merasa puas karena Anda telah bisa mengingat semua informasi faktual. Kemudian berpindah pada tanda ingatan berikutnya pada halaman itu, ikuti dengan prosedur pengecekan yang sama.

Supaya terbiasa menggunakan SPT, beri tanda dengan penggaris kolom 2" beberapa halaman berikutnya setiap buku catatan Anda. Lalu, ketika Anda membuka buku catatan pada permulaan perkuliahan, Anda akan teringat untuk menggunakan sistem itu.
LATIHAN
Petunjuk: Baca contoh catatan 15-6. Isikan tanda-tanda ingatan atau rumusan pertanyaan yang akan membatu Anda belajar dan mempelajari catatan itu.
LATIHAN
Petunjuk: Untuk setiap mata kuliah yang Anda ambil pada semester ini, gunakan SPT sekurang-kurangnya untuk satu minggu; pastikan Anda mengulang catatan Anda itu beberapa kali, menggunakan tanda-tanda ingatan. Pada akhir minggu, evaluasi apakah sistem itu bekerja dengan baik.
1. Apa keunggulan sistem itu?
2. Apakah sistem itu membantu Anda mengingat fakta-fakta da ide-ide?
3. Adakah kelemahan-kelemahan sistem itu?
RINGKASAN
Berhubung banyak instruktur di PT berharap Anda bisa mengingat dan menerapkan fakta-fakta serta ide-ide yang disajikan dalam perkuliahan, menjadi perlu untuk mencatatnya dengan baik, untuk mengeditnya kemudian secara tepat, dan mengembangkan satu sistem untuk mempelajarinya secara efektif.

Catatan yang baik harus meliputi tiga hal. Pertama, catatan yang baik harus menyajikan ringkasan poin-poin utama perkuliahan. Catatan yang baik akan menjadi bahan belajar yang penting dan bernilai. Kedua, catatan kuliah harus memiliki detail dan contoh yang memadai dengan demikian Anda dapat benar-benar memahami dan dapat mengingat informai itu beberapa minggu kemudian. Ketiga, catatan perlu memperlihatkan ide-ide yang reatif penting serta menggambarkan organisasi perkuliahan. Bab ini menyajikan beberapa saran tentang bagaimana mencapai setiap tujuan dan menawarkan sejumlah tips bagaimana cara membuat catatan lebih mudah.

Setelah berhasil membuat satu set catatan, penting untuk membetulkan, merevisi, dan mengisi atau menambahkan informasi, dan megembangkan catatan itu supaya lebih lengkap. Proses mengedit catatan harus menghasilkan catatan yang lebih jelas, lebih akurat yang bisa digunakan untuk belajar.

Mempelajari catatan kuliah secara efektif mengikuti sejumlah prinsip yang sama dengan prinsip dan prosedur yang digunakan untuk mempelajari sebuah bab buku teks. Sistem Pengingat Tanda (SPT) merupakan satu cara yang bisa membuat belajar dan mereview lebih mudah dan lebih efektif. Dua inci (2") margin sebelah kiri setiap lembar catatan perlu dikosongkan selama membuat catatan. Kemudian, ketika Anda membaca ulang catatan itu, Anda tulis pada margin sebelah kiri kata-kata atau frasa yang berupa ringkasan yang sangat singkat untuk catatan sebelah kanan. Frasa-frasa ini, atau tanda-tanda pengingat, akan menjadi pemicu ingatan dan akan membantu Anda mengingat informasi yang terkandung dalam catatan.


Read more
 
Copyright Noreh kulat dot com © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.